Yayasan

Tentang Kami :

Latar Belakang

DR. IL. Nommensen adalah seorang tokoh pengabar Injil berkebangsaan Jerman, yang memberikan seluruh hidupnya bagi pekerjaan pengabaran Injil di tanah Batak

Nommensen dilahirkan pada tanggal 6 Februari 1834 di sebuah pulau kecil, Noordstrand, di Jerman, ia melamar untuk menjadi penginjil pada Lembaga Pekabaran Injil Rhein (RMG).

Perjuangan DR IL Nommensen untuk melepaskan animisme dan keterbelakangan dari peradaban bangso Batak patut dan sudah selayaknya mendapat penghargaan. DR IL Nommensen yang kini dikenang dan dipanggil dengan gelar kehormatan Ompu I, atas peran dan perjuanganya sehingga bangsa Batak menganggapnya sebagai “Apostel Batak”

Nommensen mengabdikan dirinya ditanah batak lebih kurang 57 tahun dan selama 28 tahun dia tinggal di Sigumpar sampai meninggal dan dikuburkan di Sigumpar

Nommensen memberitakan Injil di tanah Batak dengan berbagai macam cara.. ia melakukan pendekatan dengan 5 pilar kegiatan.

  1. Iman kekristenan dengan pendirian gereja
  2. pendidikan dengan mendirikan sekolah,
  3. Kesehatan dengan pendirian pos kesehatan dan rumah sakit,
  4. Ekonomi dengan pendirian onan (pasar)
  5. Sosial dan budaya, pembebasan budak dan pemeliharan budaya batak. Tentu jika dikaji làgi masih banyàk pengaruh làinñya yanģ tèrbàngùn oleh usaha PI dalam meningkàtkan kwalitas hidup bangso Batak.

Karya-karya agung DR IL Nommensen telah terbukti meningkatkan harkat dan martabat masyarakat Batak di lngkungan masyarakat luas namun kondisi saat ini :

  1. Masih minimnya tempat-tempat bersejarah perjalanan DR IL Nommensen yang diabadikan saat ini baru ada antara lain : kantor Pusat HKBP pearaja Tarutung, Salib Kasih di Bukit Siatas Barita, Gereja dan makam DR IL Nommensen di Sigumpar
  2. Banyak masyarakat Batak khususnya jemaat HKBP yang tersebar di seluruh dunia belum mengetahui tempat pemakaman DR IL Nommensen
  3. Gereja HKBP dan jemaatnya saat ini hidup di lingkungan dunia Global yang serba modern

CIKAL BAKAL “YAYASAN NOMMENSEN SIGUMPAR”

Keinginan dan desakan masyarakat Sigumpar baik yang di kampung maupun yang di perantauan untuk melestarikan dengan berbuat sesuatau atas karya-karya agung “ompui” DR. IL. Nommensen.

Makan DR. IL. Nommensen dan Gereja DR. IL. Nommensen menjadi Fakta sejarah bahwa DR. IL. Nommensen bekerja di ladang Tuhan selama 28 tahun di Sigumpar sampai hayat ajalnya. (Menurut Ir. Patar Pasaribu dalam bukunya DR. IL. Nommensen Apostel di Tanah Batak).

Pertanyaan yang timbul dalam masyarakat Sigumpar “Apa yang bisa diperbuat untuk mengenang dan melestarikan karya-karya agung DR. IL. Nommensen”?

Jawaban yang dapat dikumpulkan dari masyarakat Sigumpar adalah : “untuk menjadikan lokasi gereja dan makam Nommensen menjadi tujuan wisata rohani”

Untuk mewujudkan Wisata Rohani tersebut disepakati secara musyawarah dan mufakat bahwa perlu dibentuk wadah untuk mewujudkan Wisata Rohani menjadi Tujuan Wisata Rohani maka didirikanlah yayasan dan ditetapkan bernama “Yayasan Nommensen Sigumpar”.

Deklarasi dan Pelantikan Pengurus

  1. Deklarasi Yayasan Nommensen Sigumpar dilaksanakan pada hari kamis tanggal 6 Pebruari 2014 berketetapan dalam rangka memperingati 180 tahun lahirnya DR. IL. Nommensen dan sekaligus peletakan batu pertama rencana pembangunan “Wisata Rohani Nommensen” yang dihadiri oleh :
  2. Ephorus HKBP, Pdt Willem TP Simarmata, MA
  3. Bupati Kabupaten Tobasa, Kasmin Simanjuntak
  4. Moderator UEM (United Evangelical Mission) Regine Buschman
  5. Buyut DR. IL Nommensen yang bernama Yan Nommensen
  6. Ketua Yayasan, Irjen Pol (P) Drs. H. Thamrin Simanjuntak, MSc, MM
  7. Pendiri Yayasan
  8. Perwakilan tokoh Masyarakat
  9. Perwakilan Pemuda Naposobulung
  10. Pelantikan pengurus “Yayasan Nommensen Sigumpar” dilakukan pada hari selasa tanggal 20 Mei 2014 oleh Ephorus HKBP Pdt. Willem TP. Simarmata, MA, bertepatan mengenang wafatnya DR. IL. Nommensen pada tanggal 23 Mei 1918 serta ditandai dengan penanaman 1.000 pohon Cemara

Pengesahan Nama “Yayasan Nommensen Sigumpar”

  1. Akte Notaris : Mirella Hutabarat, SH tanggal 19 Agustus 2014
  2. Surat Keputusan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Nomor : AHU- 04947.50.10.204 tanggal 25 Agustus 2014 tentang pengesahan Badan Hukum Yayasan Nommensen Sigumpar