Petai .. Pete … Palia … manfaatnya luar biasa

petai Pete buah yang juga mengeluarkan bau yang khas sama dengan jengkol. Pete dikenal mengeluarkan bau yang lebih kuat dari jengkol. Karena baunya ini banyak orang yang enggan mengkonsumsinya. Selain kurang nyaman untuk bergaul, baunya yang meyengat tersebut juga berdampak wc menjadi bau jika buang air kecil. Namun di balik baunya, manfaat pete sangat banyak bagi kesehatan tubuh apalagi harganya tidak menguras kantong. Artinya pete adalah makanan yang murah dan juga baik kesehatan

Pada dasarnya, meskipun memiliki bau yang banyak dibenci dan dihindari oleh orang banyak, pete sendiri merupakan salah satu jenis makanan yang juga digemari oleh masyarakat Indonesia. Hal ini terbukti dari banyaknya makanan olahan yang mencampurkan pete sebagai bahan utama, ataupun sekedar bahan pelengkap. Di beberapa daerah sendiri, pete malahan seperti menu wajib lalapan ketika sedang menyantap hidangan.

Mungkin banyak sekali yang membenci buah yang satu ini karena baunya yang minta ampun. Buah ini memiliki bentuk bulat pipih dengan warna hijaunya yang khas. Selain itu, bijinya yang berada di dalam bentuk papan-papan juga menambah keunikan buah yang bau ini.

petai-1

Petai bisa menimbulkan bau yang tidak sedap lebih karena kandungan asam amino yang terkandung di dalam biji petai yang mengandung unsur sulfur. Kandungan inilah yang membuat biji petai menghasilkan bau yang sangat menyengat dan tidak sedap. Di amerika sendiri, petai termasuk salah satu jenih makanan yang baunya paling buruk.

Meskipun petai banyak dijauhi dan dihindari oleh banyak orang karena baunya yang tidak sedap, namun petai ternyata memiliki kandungan gizi yang tinggi, serta memiliki banyak sekali manfaat bagi kesehatan tubuh kita.

Berikut ini adalah beberapa manfaat dan kelebihan dari petai bagi kesehatan tubuh :

1.Meredakan depresi

Menurut survei yang dilakukan oleh MIND diantara pasien penderita depresi , banyak orang merasa lebih baik setelah makan pete. Hal ini terjadi karena pete mengandung tryptophan , sejenis protein yang diubah tubuh menjadi serotonin. Inilah yang akan membuat relax , memperbaiki mood dan secara umum membuat seseorang lebih bahagia.

Kelebihan pertama dari petai adalah, mampu meredakan depresi yang terjadi pada seseorang. Ternyata, kandungan zat tryptophan yang terkandung dalam petai merupakan faktor yang menyebabkan redanya depresi pada seseorang. Berikut ini adalah efek dari tryptophan yang terkandung pada pede :

  • Membuat tubuh menjadi lebih rileks
  • Dapat memperbaiki mood dan kondisi emosi seseorang
  • Membuat tubuh terasa lebih bahagia

2.Dapat mengatasi gangguan PMS

PMS (Pre Menstrual Syndrome) biasanya dapat membuat seorang wanita dengan cepat berubah mood dan kondisi emosinya. Dengan mengkonsumsi pete ini, maka akan membantu menstabilkan mood. Hal ini merupakan efek dari tryptophan. Selain itu, pete juga mengandung manfaat vitamin B, terutama vitamin B1 yang dapat mengatur kadar gula darah, dan juga dapat membantu memperbaiki mood seseorang

Jika mengalami PMS saat ‘ tamu ‘ datang , kamu ga perlu minum pil ini ataupun itu , cukup atasi dengan makan pete. Vitamin B6 yang dikandung pete mengatur kadar gula darah , yang dapat membantu mood

3.Mencegah terjadinya anemia

Dengan kandungan zat besi yang tinggi , pete dapat menstimulasi produksi sel darah merah dan membantu apabila terjadi anemia.

Biji atau buah petai sendiri ternyata sanggup mencegah terjadinya anemia pada seseorang. Hal ini disebabkan oleh kandungan manfaat zat besi tinggi yang terkandung dalam buah pete ini. Anemia sendiri dapat berakibat :

  • 5 L (letih, lemah, lesu, lunglai, lemas)
  • Tubuh terasa tidak bertenaga
  • Mudah terserang penyakit ringan
  • Mudah pusing dan mual-mual
  • Tidak dapat melakukan aktivitas sehari-hari dengan optimal

Dengan mengkonsumsi petai, beberapa gejala diatas dapat dicegah dan tidak akan muncul pada diri anda.

4.Menurunkan tekanan darah tinggi

Buah tropis unik ini sangat tinggi kalium , tetapi rendah garam , sehingga sangat sempurna untuk memerangi tekanan darah. Begitu tingginya , sehingga FDA Amerika mengizinkan perkebunan pete untuk melakukan klaim resmi mengenai kemampuan buah ini untuk menurunkan resiko tekanan darah dan stroke.

Beberapa penelitian mengatakan bahwa buah pete dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi atau hipertensi. Hipertensi sendiri dapat disebabkan oleh banyak faktor, yang dapat berakibat :

  • Mudah marah dan cepat marah
  • Meningkatkan resiko terserang penyakit kronis, seperti jantung
  • Mudah lelah

Konsumsi petai dapat membantu menurunkan resiko tekanan darah tinggi atau hipertensi yang diderita, dan dapat mengurangi gejala-gejala yang ditimbulkan oleh hipertensi. Khasiat ini juga di dapat pada :

  • manfaat buah pepaya
  • manfaat mentimun
  • manfaat labu siam

5.Meningkatkan kemampuan kognitif

200 siswa di Twickenham (Middlesex) tertolong dengan mudah melalui ujian pada tahun ini karena memakan pete pada saat sarapan , istirahat , dan makan siang. Riset telah membuktikan bahwa buah dengan kandungan kalium tinggi dapat membantu belajar dengan membantu siswa semakin waspada.

Bagaimana ceritanya buah atau biji petai ini dapa meningkatkan kemampuan kognitif? Ternyata buah petai ini memiliki kandungan kalium yang tinggi, sehingga dapat membantu seseorang dalam meningkatkan kemampuan kognitif. Kemampuan kognitif tersebut meliputi banyak hal, antara lain :

  • Kemampuan mengingat
  • Kemampuan melakukan rekognisi pola
  • Kemampuan dalam mempersepsikan melalui indera

Penelitian di Inggris menguatkan hal ini, dimana para siswa yang mengkonsumsi pete pada saat sarapan hingga makan siang, dapat mengerjakan soal-soal dengan cukup mudah.

6.Menghilangkan rasa sesak karena kekenyangan

Manfaat pete saat dikonsumsi ini, memiliki efek yang dinamakan efek antasida. Efek ini dapat membantu anda dalam mengurangi rasa begah dan sesak pada bagian dada yang disebabkan oleh kekenyangan atau terlalu banyak makan. pete ini dapat membantu mengurangi rasa sesak dan sakit tersebut.

7.Menghilangkan gigitan nyamuk

Sebelum anda meraih krim gigitan nyamuk , coba untuk menggosok daerah yang terkena gigitan dengan bagiandalam kulit pete. Banyak orang berhasil mengatasi rasa gatal dan bengkak dengan cara ini.

Tidak hanya buah atau biji petai yang berkhasiat, bagian kulit petai pun ternyata memiliki khasiat dan manfaat. Salah satu manfaat dari kulit biji petai ini adalah dapat mengurangi dan menghilangkan rasa gatal yang diakibatkan oleh gigitan nyamuk. Berikut ini cara mengurangi dan menghilangkan rasa gatal dengan menggunakan kulit petai :

  • Ambil bagian dalam dari kulit petai
  • Gosok-gosokan bagian dalam kulit petai tersebut pada daerah kulit yang gatal karena digigit nyamuk.

8. Mencegah terjadinya kegemukan ……. ?

Selain memiliki kandungan serat yang tinggi yang dapat mengikat lemak, manfaat pete juga dapat mencegah kegemukan dengan cara lain. Beberapa penelitian menyebutkan bahwa faktor yang menyebabkan kegemukan adalah faktor stress, depresi dan tekanan. Dengan mengkonsumsi pete, dapat mengurangi faktor resiko tersebut, sehingga akan terhindar dari kegemukan.

Penelitian di Institute of Psychology Austria menemukan bahwa tekanan pada saat kerja menyebabkan orang sering meraih makanan yang menenangkan seperti coklat dan keripik. Dengan melihat kepada 5.000 pasien di rumah sakit , peneliti menemukan bahwa kebanyakan orang mejadi gemuk karena tekanan kerja yang tinggi.

Laporan menyimpulkan bahwa , untuk menghindari nafsu memakan makanan karena panik , kita butuh mengendalikan kadar gula dalam darah dengan ngemil makanan tinggi karbohidrat setiap dua jam untuk m Penelitian di Institute of Psychology Austria

9.Mengatasi penyakit Lambung

Pete digunakan sebagai makanan untuk merawat pencernaan karena texturnya yang lembut dan halus.

Buah ini adalah satu-satunya buah mentah yang dapat dimakan tanpa menyebabkan stress dalam beberapa kasus yang parah. Buah ini juga mampu menetralkan asam lambung dan mengurangi iritasi dengan melapisi permukaan dalam lambung.

Buah atau biji petai ini ternyata sangat bersahabat dengan lambung manusia. Meskipun dimakan secara mentah, buah ini tidak menimbulkan efek yang buruk bagi lambung. Malahan buah atau biji petai ini sangat baik bagi lambung, karena:

  • Dapat menetralisir asam lambung
  • Mengurangi iritasi dan luka pada bagian lambung
  • Mencegah terjadinya infeksi pada lambung

10.Mengatur suhu tubuh

Banyak budaya lain yang melihat pete sebagai buah ‘ dingin ‘ yang mampu menurunkan suhu tubuh dan emosi ibu yang menanti kelahiran anaknya. Di Belanda misalnya , ibu hamil akan makan pete untuk meyakinkan agar si bayi lahir dengan suhu tidak tinggi.

Pete tu mengandung 3 macam gula alami yaitu sukrosa , fruktosa dan glukosa yang dikombinasikan dengan serat. Nah..kombinasi ini , ternyata bikin kita jadi sangat bertenaga!

Riset membuktikan dua porsi pete aja..mampu memberikan tenaga yang cukup untuk melakukan aktivitas berat selama 90 menit.

Makanya , tau ga sih kalo makanan ini tu kesukaannya para atlet top!

Selain itu , pete juga banyak gunanya. Bisa juga ngebantu ngobatin beberapa penyakit. Check this out! (dari berbagai sumber).

11.Mencegah serangan stroke

Menurut riset dalam “The New England Journal of Medicine , ” makan pete sebagai bagian dari makanan sehari-hari akan menurunkan resiko kematian karena stroke sampai 40%.

Salah satu penelitian yang diungkapkan oleh The New England Journal of Medicine, dikatakan bahwa mengkonsumsi pete dapat membantu untuk mengurangi resiko terjadi serangan stroke pada seseorang. Seperti juga ditemui pada :

  • manfaat daun dewa
  • manfaat selada air
  • manfaat daun belimbing

12.Membantu menghentikan kebiasaan merokok

Anda ingin mencoba berhenti dari kebiasaan merokok? Ternyata kandungan vitamin B6, vitamin B12, kalium, dan magnesium yang terkandung di dalam manfaat pete ini dapat membantu dalam menghentikan kebiasaan merokok. Hal ini juga dapat mempercepat efek penghentian nikotin yang masuk ke dalam tubuh.

13.Mengandung antioksidan

Buah atau biji petai ini juga merupakan salah satu yang memiliki manfaat antioksidan yang tinggi. Antioksidan yang tinggi ini dapat membantu tubuh dalam menangkal radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh. Selain itu, antioksidan dapat membantu :

  • Maningkatkan imunitas dan daya tahan tubuh
  • Mencegah tubuh terjangkit berbagai macam penyakit
  • Baik untuk kesehatan tubuh

14.Vitamin C yang tinggi

Petai mengandung manfaat vitamin C yang cukup tinggi, walaupun memang tidak setinggi jenis buah-buahan asam, seperti manfaat jeruk dan manfaat apel. Namun demikian kandungan vitamin C yang terkandung pada pete dapat membantu tubuh mencukupi kebutuhan vitamin C dalam sehari.

15.Kaya Kandungan Vitamin A

Ternyata si hijau ini juga mengandung vitamin A yang baik untuk kesehatan tubuh. Kira – kira 100 gr biji atau buah petai dapat mengandung kurang lebih 299 IU Vitamin A. Manfaat vitamin A sendiri sangatlah penting bagi tubuh, yang berguna untuk :

  • Menjaga kesehatan mata
  • Mencegah terjadinya gangguan pada mata
  • Dapat menjaga kesehatan dan ketahanan tubuh

16. Mengatasi Gangguan Pencernaan

Buah atau biji petai ini memiliki kandungan serat yang sangat tinggi. Kandungan serat yang sangat tinggi ini tentu saja akan sangat berguna untuk mencegah terjadinya gangguan-gangguan pencernaan yang anda alami. Gangguan gangguan pencernaan yang sering dialami antara lain :

  • Sembelit
  • Diare
  • Sulit buang air besar atau kecil
  • Nyeri perut
  • Mulas mulas
  • Begah

17. Obat Mabuk

Salah satu cara paling cepat untuk menyembuhkan “penyakit” mabuk adalah milkshake pete , yang imaniskan dengan madu. Pete akan membantu menenangkan perut dan dengan bantuan madu akan meningkatkan kadar gula darah yang jatuh , sedangkan susu akan menenangkan dan kembali memperbaiki kadar cairan dalam tubuh. Selain tentu saja karena baunya yang membangunkan dari mabuk

18.Kekenyangan

Pete memiliki efek antasid pada tubuh , sehingga bila dada anda terasa panas akibat kebanyakan makan ,cobalah makan pete untuk mengurangi sakitnya.

Perlu diketahui, walaupun memiliki banyak sekali manfaat, namun jangan terlalu banyak mengkonsumsi petai, karena akan menimbulkan bau yang tidak sedap. Hal ini akan membuat anda dan orang di sekitar anda merasa tidak nyaman dengan bau yang ditimbulkan.

19.Mengatasui Mual di pagi hari-

Makan pete diantara jam makan akan menolong mempertahankan kadar gula dan menghindari muntah.

20.Stress

Kalium adalah mineral penting , yang membantu untuk menormalkan detak jantung , mengirim oksigen ke otak dan mengatur keseimbangan cairan tubuh. Ketika kita stress , kecepatan metabolisme kita akan meningkat , sehingga akan mengurangi kadar kalium dalam tubuh. Hal ini dapat diseimbangkan lagi dengan bantuan makan petai yang tinggi kalium.

21. Untuk Saraf

Pete mengandung vitamin V dalam jumlah besar , sehingga akan membantu menenangkan sistem saraf.